:

Monday, December 9, 2013

3D MODELING DENGAN GOOGLE SKETHC-UP - ( Part-04)

Pada postingan sebelumnya sudah dibahas cara menggambar Line /garis dan rectangle. Sekarang akan dilanjutkan belajar menggunakan perintah circle, Arc, dan poligon dengan google skecthup.

3.    Circle     : Yaitu membuat object berbentuk lingkaran seperti membuat tiang besi, roda lory/rak stainless atau M/S, roda mobil ( car modeling ), roda sepeda mini , as roda mobil , pipa railing untuk pagar rumah , membuat teralis jendela, dan lain-lain.

 Cara membuatnya masih sama dengan teknik diatas, yang terpenting jangan lupa memasukan nilai dimensi ( pojok bawah ) supaya ukuran gambar menjadi lebih presisi.

-    Klik menu drawing –circle
-    Kemudian kursor di letakan di layar tetapi jangan di klik dahulu,
-    Lalu ketik angka untuk menentukan jumlah sisi lingkaran, semakin banyak jumlah sisinya maka bentuk lingkaran semakin halus / tidak tampak poligon.
-    Setelah diisi jumlah sisinya,  klik di posisi yang diinginkan
-    Kemudian masukan nilai radius lingkaran ( radius=1/2 diameter)
-    Lalu tekan enter.  Klik zoom extents untuk melihat hasilnya.


4.    Arc     :  Merupakan perintah untuk membuat busur atau setengah lingkaran. Biasanya menu  arc digunakan untuk membuat object yang tumpul seperti bentuk profil jendela atau profil pintu rumah, canopi/atap rumah , botol , vas bunga , dan sebagainya.

Caranya  sebagai berikut :

-    Sebaiknya jika akan membuat bentuk arc ( busur setengah lingkaran) di perlukan object bantu berupa 2 buah garis atau lebih  dengan jarak tertentu. Hal ini dilakukan agar bentuk yang diinginkan bisa scalling ( gambar lebih presisi sesuai jarak sebenarnya).tetapi jika anda tidak memerlukan bentuk gambar yang presisi maka anda bisa langsung membuat arc  tanpa garis bantu. Mungkin nanti anda bisa merasakan perpedaan antar memakai garis bantu dan tidak memakai garis bantu. Garis bantu ini bisa dihapus jika sudah tidak diperlukan . akan tetapi jika anda mendesain gambar jendela seperti dibawah ini , maka dua  garis tersebut bukan merupakan garis bantu akan tetapi sudah merupakan garis utama sebuah bentuk gambar jendela.
-    Setelah garis bantu terbentuk, klik menu arc ,lalu klik di nomor 1 pada gambar dibawah,  kemudian klik nomor 2 ,  kemudian geserlah  posisi titik tengahnya sejauh yang diinginkan yang merupakan dimensi jarak ketinggian . Bisa anda lihat seperti gambar dibawah ini  :



0 comments:

Search Popular

Free 3D Model, Free tutorial 3D, belajar autocad basic dan exellent, surface modeling , 3dsmax, solid edge, solid work, jasa render, privat/kursus autocad tangerang, kontraktor rumah dan kolam renang, 3d lanscape